Ihsanul Amal

1

 Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,

( QS Al Mulk :1-2)

Kata اِحْسَنُ الْعَمَل terdiri dari dua kata, yaitu اِحْسَنُ dan الْعَمَل. Kata اِحْسَنُ sendiri berarti terbaik, berkualitas.

Pendapat para ulama, Syekh Said Hawa : Ihsan ada 2 makna:

Hasan: baik = Melakukan sesuatu baik dan dengan baik (Do the right thing and do the things right)

Akhsan: lebih baik = Tidak pernah merasa cukup dalam melakukan kebaikan

Muhsinin: orang yang berbuat baik dan terus berusaha berbuat kebaikan

Tafsir

Sesungguhnya mati dan hidup itu kehendak Allah.Tidak ada satupun makhluk yang mati atau hidup tanpa seizin Allah. Dunia hanyalah kehiduan sementara waktu, kehidupan yang abadi sesungguhnya adalah akhirat.

Dunia diciptakan sebagai ujian bagi setiap makhluk, akan tetapi zaman sekaran ini banyak manusia yang terkadang melupakan kenyataan bahwa hidup di dunia hanya sementara. Melakukan kesenangan duniawi seakan-akan mereka tidak akan pernah mati.

Kenapa Allah Menyebutkan Kematian Lebih Dahulu Baru Kehidupan ? Pendapat ulama mengatakan karena kematian itu akan kita rasakkan di dunia sedangkan kehidupan (yang sesungguhnya) adalah di akhirat. Pendapat lain mengatakan agar mendorong manusia untuk segera beramal. Pendapat ketiga mengatakan bahwa kehidupan di dunia itu di awali dari tidak adanya kehidupan, nutfah, mudgoh, ‘alaqah merupakan masih dalam keadaan kematian, setelah ditiupkan ruh baru disebut hidup.

Sesungguhnya kehidupan diciptakan Allah hanya untuk menguji manusia, siapa yang baik amalnya. “..siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya..” pada ayat tersebut tertulis “baik” bukan “banyak” karena amalan tidak dilihat dari kuantitas akan tetapi dari kualitasya

Ciri Orang Yang Ikhsanul Amal

  1. Ikhlasun Niyat (Niat yang Ikh1as)
  2. Itqonul ‘Amal (Amal yang rapi)
  3. Jaudatul Adaa’ (Penyelesalan yang baik)

Hikmah Dari Ihsanul Amal

Ada 3 keuntungan jika sesorang beramal dengan amal yang ihsan, adalah:

1)  Dicintai Allah [2:195]

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan BERBUAT BAIKLAH, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Baqarah [2]:195)

2) Mendapat Pahala [33: 29]

Artinya : ‘Dan jika kamu sekalian menghendaki (keredhaan) Allah dan Rasulnya-Nya serta (kesenangan) di negeri akhirat, Maka Sesungguhnya Allah menyediakan bagi siapa yang berbuat baik diantaramu pahala yang besar.’ (QS. Al-Ahzab [33] :29)

3) Mendapat Pertolongan Allah [16:128]

Artinya: “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (An-Nahhl [16]:128)

 

*Dikutip dari berbagai sumber

 

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: