7 Alasan Orang Bertahan Kerja Dengan Gaji Kecil

Jakarta – Banyak orang yang bekerja lebih keras namun menerima bayaran/gaji yang lebih kecil. Banyak pula yang tidak menerima promosi jabatan atau penghargaan atas jerih payahnya terhadap perusahaan. Menghadapi kenyataan ini, tidak sedikit orang yang hanya menerima keadaan dan bertahan.

Namun bagi mereka yang senantiasa mencari penghidupan yang lebih layak, pasti segera mencari pekerjaan baru atau memulai usaha sendiri. Ada tujuh hal yang membuat seseorang bertahan dengan pekerjaannya, meskipun ia tak mendapatkan kenaikan gaji maupun jabatan seperti dikutip dari Helium.

1. Tidak Percaya Diri
Anda merasa tidak dihargai, mungkin bukan kesalahan perusahaan sepenuhnya. Hal ini bisa jadi Anda yang tidak terlihat percaya diri dalam bekerja sehingga perusahaan merasa pantas membayar murah. Anda pun menyadari jika mulai mengeluh, akan banyak pekerja baru yang akan siap menggantikan posisi Anda dengan bayaran yang lebih murah. Yang perlu Anda lakukan adalah mulai menilai sendiri kemampuan dan melihat peluang kerja lain.

Rasa tidak percaya diri yang Anda pancarkan seringkali membuat perusahaan Anda ragu apakah Anda memang siap untuk naik ke jenjang posisi yang lebih tinggi. Anda kurang pede karena tingkat pendidikan kurang tinggi? Ambillah sekolah lanjutan dengan menyisihkan waktu dan biaya dari pekerjaan yang sekarang.

2. Takut Akan Perubahan
Manusia adalah makhluk yang hidup dengan kebiasaan. Semakin bertambahnya usia, maka semakin pula orang takut akan perubahan dalam hidupnya, terlebih jika hal tersebut terasa asing baginya. Kebiasaan yang telah dialami dengan pekerjaan sebelumnya juga membuat orang berpikir dua kali untuk pindah kerja, meskipun ia banyak mengeluh. Jadi, lawan rasa takut Anda, dan pikirkan masa depan Anda di hari tua maupun anak-anak Anda. Saat Anda menjalani pekerjaan baru, otomatis akan belajar hal baru dan beradaptasi kembali.

3. Takut Akan Manajemen Kantor
Tidak ada orang yang menghargai orang yang merasa ‘kecil’ yang ingin tetap menjadi kecil. Dalam hal ini, siapa yang ingin melarang seseorang yang tidak ingin maju dan jalan di tempat sepanjang hidupnya. Selain membawa pengaruh yang kurang baik, pastinya akan merepotkan bagi orang lain. Manajemen kantor tidak akan melarang pegawainya yang ingin maju. Malah dalam kebanyakan kasus, justru pegawai yang merasa takut meninggalkan manajemen kantor yang telah membuat dirinya nyaman.

4. Terperangkap ‘Kewajiban’
Anda tidak bisa mengundurkan diri meski gaji kecil karena tuntutan rumah tangga. Istilahnya keluarga mau dikasih makan apa? Jika Anda sudah menikah, bicarakan dengan pasangan apakah ada peluang kerja/bisnis yang belum dieksplorasi. Dan apakah Anda juga bisa menyesuaikan gaya hidup dengan gaji yang diterima selama ini? Banyak hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, dan salah satunya adalah waktu kebersamaan. Memiliki pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar tentunya dibarengi dengan tuntutan kerja yang lebih besar pula. Anda mungkin tidak akan memiliki banyak waktu untuk keluarga nantinya karena terlalu sibuk mencari uang.

5. Tidak Punya Waktu Networking
Jika saat ini pekerjaan Anda menyita banyak waktu sampai tidak bisa berkumpul bersama teman-teman, hal ini bisa jadi kesalahan terbesar. Teman, selain menjadi tempat bercerita, ia juga bisa menjadi penghubung kepada relasi kerja yang baru. Jadi mulai dari sekarang, luangkanlah waktu lebih untuk networking dan perbanyak kenalan. Anda tidak akan pernah tahu dari mana saja kesempatan kerja yang baru atau sekedar freelance menggapai Anda.

6. Sindrom Robot
Apakah Anda pernah melihat orang-orang dengan wajah muram, pergi ke kantor setiap hari, bekerja dan pulang dengan wajah yang lebih lelah. Bagaikan robot yang terprogram untuk melakukan sebuah tugas, mereka seperti tidak memiliki jiwa dan hanya menjalankan rutinitas hidup yang monoton. Jangan hal ini sampai terjadi pada Anda. Seimbangkanlah pekerjaan dengan liburan, kesenangan, keluarga bahkan hobi untuk menghindari kebuntuan ide dan kebencian terhadap rutinitas. Jika aura Anda buruk akibat hal ini, pasti langsung terdeteksi oleh klien maupun rekan kerja, dan hal ini tentunya buruk untuk promosi jabatan Anda.

7. Malas Menghadapi Hal Baru (Sudah Merasa Nyaman)
Anda merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini berkat rekan kerja dan atasan yang baik, fasilitas kantor yang menunjang, namun gaji kecil dan pas-pasan untuk hidup sehari-hari. Namun karena rasa nyaman itu, Anda sebisa mungkin menyesuaikannya dan melupakan niat mencari pekerjaan baru. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang telah mencapai umur tertentu, dimana ia juga mengurungkan niat karena malas bersaing dengan talenta yang lebih muda.

Nasib memang ditentukan oleh yang maha kuasa, namun sebagai manusia yang produktif, Anda harus memikirkan tabungan untuk masa depan. Dengan penghasilan lebih, Anda bisa saja berinvestasi dan memulai usaha sendiri. Pertimbangkanlah selalu hal tersebut.

(fer/kik)

Sumber : http://www.wolipop.com/read/2011/10/03/130622/1735420/1133/7-alasan-orang-bertahan-kerja-dengan-gaji-kecil?w992201835

Tag:, , ,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: