Belajar Fotografi ala wikimu.com

Asyik, menyenangkan dan sangat bermanfaat. Itu kesan yang aku dapat saat mengikuti pelatihan fotografi untuk seorang pemula. Acara ini digagas oleh wikimu.com bekerjasama dengan majalah Liburan dan Taman Bacaan Masyarakat yang berada di kawasan Blok M Mall Jakarta Selatan. Pelatihan ini diadakan cuma-cuma alias gratis khusus anggota wikimu.com.

Cukup banyak peminatnya, yang awalnya peserta dibatasi hanya 20 orang saja ternyata lebih dari 40 orang hadir menjadi peserta hingga melebihi kapasitas ruangannya. Peserta terdiri dari beragam latar belakang profesi , ada yang dari pegawai swasta , pegawai negeri sipil, prakitisi LSM, Mahasiswa bahkan Ibu Rumah Tangga. Suasana acarapun sangat akrab karena semua peserta yang hadir adalah anggota dari situs wikimu.com yang sudah saling kenal dan berinteraksi secara online melalui tulisan-tulisan dan komentar mereka di situs informasi yang berbasis komunitas itu.

Wikimu.dom merupakan situs yang menerapkan citizen journalism dengan menggunakan bahasa Indonesia. Melalui situs ini setiap kita dapat mengekpesikan diri dan saling bertukar informasi tentang apa saja yang bermanfaat sesuai dengan minat kita. Mulai soal kesehatan, olahraga, suara konsumen, layanan publik, peristiwa politik, intermeso, opini dan lain-lain.

Berawal dari sekedar membaca isi dari tulisan-tulisan yang diposting oleh anggota wikimu.com hingga akupun tertarik untuk menjadi anggota dan memberanikan diri untuk menulis tentang sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Yah sambil menyalurkan bakat menulis dan berbagi informasi yang bermanfaat untuk orang banyak. Pokoknya banyak informasi yang bermanfaat dan oke banget yang kita dapet dari situs ini. Salah satunya ini, pelatihan fotografer secara cuma-cuma.

Oh iya, kembali ke acara pelatihan fotografi tadi. Bahwa ternyata untuk menghasilkan gambar seperti  fotografer professional syaratnya simple aja, yang penting banyakin jeprat-jepret hingga ribuan kali (Bisa cantengan tuh telunjuk buat jeprat-jepret aja). Semakin sering kita jeprat-jepret dengan kamera kita (kamera pinjem juga boleh asal ikhlas yang minjeminnya dalam waktu lama he..he) semakin bagus hasilnya, begitu kata mas Herman Suparman sebagai pembicara pada sesi pertama saat menyampaikan materinya tentang dasar-dasar fotografi. Selebihnya tentu kita mesti tau dong teori memotret yang baik dan benar terkait dengan jenis kamera yang dipakai, ekposure, komposisi dan pencahayaannya.

Bukan cuma teori fotografi yang kita dapat dari pembicara tetapi peserta juga diminta untuk praktek langsung (hunting gambar) di lapangan untuk menguji hasil jeprat-jepretnya. Wah ternyata memang banyak peserta yang berbakat menjadi fotografer professional karena hasilnya bagus-bagus setelah dinilai oleh Mas Herman Suparman sendiri. Pokoknya setelah mengikuti acara ini jadi tambah semangat dan percaya diri aja pengen jeprat-jepret. Siapa tahu bisa jadi fotografer professional dan fotonya laku dijual (he..he).

Yang tidak kalah menarik pada sesi kedua, materi diberikan oleh Mas Teguh Sudarisman. Seorang travel fotografer yang sudah berpengalaman dan manjadi pimpinan dari Redaksi majalah Liburan dan Escape Indonesia. Dalam presentasi materinya Mas Teguh memaparkan pengalaman dan foto-foto hasil karyanya ataupun foto orang lain yang dimuat di majalah Liburan dan Escape Indonesia yang dipimpinnya. “Dengan menjadi travel fotogarafer bahwa ternyata kitapun bisa menjadi travel writer sekaligus, yang terpenting saat kita membawa kamera, kita tahu kapan MOMEN yang tepat saat untuk memotret sehingga dapat menghasilkan sebuah gambar yang bagus dan menarik untuk sebuah tulisan,” kata Mas Teguh yang memiliki tubuh “mungil” ini. Masih menurut Mas Teguh, bahwa ada empat hal, kalau ingin gambar kita dapat dikatakan bagus dan menarik alias Great Pictures. Yang pertama Foto itu harus “Nonjok” (striking) saat pertama kali dilihat orang, kedua Simple, ketiga Clean dan keempat Balanced. Yang tidak kalah asyiknya sampai di akhir presentasinya, Mas Teguh bagi-bagi tiket gratis masuk Pameran Wisata Religi Indonesia kepada setiap peserta aktif. Akupun termasuk yang kebagian. Lengkap sudah kegembiraan aku ikut acara pelatihan ini.

Tidak terasa hingga akhir acara pukul empat sore , banyak ilmu dan pengalaman baru yang aku dapat selama mengikuti pelatihan ini. Hingga di rumah coba langsung praktek mancari objek untuk dijeprat-jepret. Terima kasih wikimu.com dan terima kasih Mas Herman dan Mas Teguh, ilmunya sangat bermanfaat semoga menjadi amal jariah yang menuaikan pahala yang tak terhingga dari Allah Tuhan yang Maha Memberi balasan kebaikan kepada manusia hingga menjadi bekal di akhirat kelak. Sukses wikimu.com.

Tag:,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: