Kanker Serviks, The Silent Killer

Kanker mulut rahim (Kanker Serviks) adalah salah satu penyakit pembunuh kaum wanita No.1 di dunia, penyakit ini di sebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Penderita kanker serviks di Indonesia ternyata jumlahnya sangat banyak.

Departemen kesehatan memperkirakan saat ini ada sekitar 100 kasus per 100 ribu penduduk atau 200 ribu setiap tahunnya bahkan di perkirakan pada tahun 2020 akan mencapai 15 juta orang. Selain itu, lebih dari 70 persen kasus yang datang ke rumah sakit ditemukan dalam keadaan stadium lanjut. Berikut penjelasan mengenai Kanker Serviks :

1. Apa kah yg dimaksud dengan kanker leher rahim?

kanker leher rahim adalah tumor ganas yang tumbuh di daerah leher rahim (serviks), yaitu suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dan liang senggama (vagina). Dan ini sangat berbahaya dan bisa membuat dokter mengambil langkah, mengangkat rahim kita/ bisa menyebabkan kematian

2. Apakah gejala kanker leher rahim?

Keputihan

Perdarahan pada saat hubungan seksual

Ulkus pada porsio

Pada stadium lanjut terjadi fistel (hubungan) antara rektum dan vagina, terjadi perpindahan jauh.

Berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kelelahan,, nyeri pinggul ,punggung dan tungkai yg berlebihan , keluarnya air kemih dan tinja dari vagina, Patah tulang, sbd bahkan keputihan yg berlebihan atau sakit perut yg biasa terjadi pun bisa menjadi gejala, karena itu artinya ada yg salah di dalah rahim anda, karena menurut survey itu adalah suatu kondisi yg tidak boleh terjadi, meskipun banyak wanita yg mengatakan itu adalah hal biasa, namun sekali lagi kami tekankan, yg menjadikan penyakit itu biasa diantara wanita2 indonesia adalah penggunaan produk lokal yg tidak berkualitas bahkan cenderung merusak organ penting, makanya disini sangat disarankan berikan yg terbaik untuk vagina anda, karena itu lebih penting dari segalanya.

3. Kanker mulut rahim, menurut catatan kompas, menempati peringkat pertama kanker pada perempuan di Indonesia. Ada 15.000 kasus baru pertahun dengan kematian 8000 orang pertahun. Angka harapan hidup lima tahun jika kanker ini diketahui dan diobati pada stadium I adalah 70 – 75%, pada stadium 2 adalah 60%, pada stadium 3 tinggal 25%, dan pada stadium 4 penderita sulit diharapkan bertahan. (kompas, 13/5/2007, rubrik keluarga)

4. Penyebab kanker serviks

apa penyebab kanker leher rahim?

1.HPV (Human Papilloma Virus)

HPV adalah suatu virus yang dapat menyebabkan terjadinya kutil pada daerah genital (kondiloma akuminata), yang ditularkan melalui hubungan seksual. HPV sering diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan yang abnormal dari sel-sel leher rahim.

2. Merokok

3. Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini

4. Berganti-ganti pasangan seksual

5. Gangguan sistem kekebalan tubuh

6. Pemakaian pil KB

7. Infeksi /pemakaian bahan kimia secara menahun

8. Penggunaan pembalut yg kualitasnya rendah

9. penggunaan bahan kimia yg terlalu berlebihan untuk rahim/vagina

10. pembiaran/cuek terhadap masalah2 miss v yg sudah berlebihan contohnya keputihan yg berlebihan

5. Stadium kanker serviks

Stadium 1 : sel tumor masih terbatas di daerah serviks

Stadium 2 : sel tumor telah keluar dari serviks dan mencapai daerah 2/3 bagian atas vagina namun belum mencapai dinding panggul

Stadium 3 : sel tumor telah mencapai 1/3 bagian bawah vagina dan telah mencapai dinding panggul

Stadium 4 : sel tumor telah mencapai kandung kencing atau mukosa rektum atau sel tumor telah berpindah jauh atau sel tumor telah keluar dari panggul kecil

6. bagaimana cara pencegahan kanker leher rahim?

percaya ga percaya sebaiknya ganti pembalut anda yg tidak berkualitas, jaga kebersihan vagina, gunakan pantyliner untuk menghentikan gejala2 yg mungkin terjadi , peduli terhadap masalah miss v yg dating setiap bulannya dan juga dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun,,

7. Masa pra kanker serviks

Serviks memiliki dua jenis epitel yaitu kolumnair dan skwamosa yang dihubungkan dengan sambungan skwamosa kolumnair (squamous-columnar junction), bagian antara bibir luar dan dalam leher rahim, bisa mengubah sel menjadi abnormal. Masa pra kanker (setelah sel berubah menjadi abnormal) adalah masa tiga tahapan perubahan sel yang disebut cervical intraepithelial neoplasia (CIN), yaitu CIN 1, CIN 2, dan CIN 3. Setelah CIN 3, sel yang abnormal itu menjadi sangat tebal dan akhirnya menjadi kanker. Perubahan CIN 1 menjadi kanker membutuhkan 3 – 10 tahun sehingga deteksi dini sangat penting.

8.Pengobatan kanker serviks

Pencegahan dan deteksi dini sangatlah penting sebab jika kanker di temukan pada saat stadium dini maka harapan hidup lebih lama dibandingkan dengan kanker yang memasuki stadium lanjut. Adapun pengobatan KMR adalah dengan kemoterapi, radioterapi hingga pembedahan.

Saat ini Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa akan mengadakan kegiatan diagnosa dini terhadap kaum perempuan dari keluarga dhuafa secara Cuma-Cuma. Mengingat banyak kalangan perempuan kaum dhuafa mengalami kesulitan biaya untuk memeriksakan diri sejak dini ke dokter atau Rumah Sakit.

……………………………………………………………………………………………………………………………..

Bagi Anda yang ingin berpartisipasi turut membantu dalam Program “Untukmu Ibu : Cegah kanker Serviks Sejak Dini” dapat menyalurkan donasinya sebesar Rp.100,000,- untuk 1 orang perempuan dhuafa melaui :

  1. Rekening BCA Ciputat Megamall A/C No.676 030 2340 an. Yayasan Dompet Dhuafa
  2. Rekening BSM Pondok Indah A/C No.004 004 0666 an.LKC Dompet Dhuafa.

Untuk Informasi Lebih lanjut dapat hub : Tlp. 021 – 7416262 ext.211 atau website : www.lkc.or.id email:layanandonatur@lkc.or.id

Tag:, ,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: