Mencintai Faqir Miskin

 

miskin2

Rasulullah Shollalahu Alaihi Wa Sallam menganjurkan ummatnya untuk mencintai orang lemah, terutama fakir miskin, layaknya mencintai diri sendiri. ”Cintailah (Kasihanilah) fakir miskin umatku sebab sesungguhnya mereka memiliki negara kelak pada hari kiamat,” sabda beliau.

 

Dalam hadis lain riwayat Al Hasan disampaikan pula bahwasanya Rasullullah Shollallahu Alaihi Wa Salam bersabda,”Banyak –banyaklah mengenal fakir miskin dan bantulah mereka, sesungguhnya mereka memiliki negara.”

 

Para sahabat bertanya,”Wahai Rasulullah, apa gerangan negara mereka?”

 

Beliau menjawab,”Jika kelak dihari kiamat diserukan (pada fakir miskin),lihatlah orang yang pernah memberi kalian makan (meski) pecahan-pecahan roti, meminumi kalian meski hanya seteguk, dan memberi pakaian kalian meski hanya sehelai baju, lalu gandenglah tangannya dan berlalulah ke surga.”

 

Seberapa pun pertolongan   dan bantuan yang kita berikan bila diniatkan ikhlas mencari keridhoan Alla, maka Allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Tak terbatas pada individu, tapi juga kelompok, organisasi, lembaga, termasuk pemerintah. Bahkan yang terakhir ini, perannya sangat penting, karena merekalah (pejabat negara) yang bisa mengkoordinasi, mengatur, memelihara, memperhatika kebutuhan warganya tepat sasaran, sempurna, dan berkesinambungan. Inilah diantara makna firman Allah,

 

”Hai orang-orang beriman, jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS Muhammad : 7)

 

Maka, jabatan pemerintahan harus difungsikan sebenar-benarnya demi memperhatikan kepentingan dan kebutuhan rakyat. Jabatan adalah amanah yang harus ditunaikan. Ketika negara (pemerintah) menunaikan tugas-tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, kewajiban yang lain (rakyat) untuk membantunya. Dengan begitu akan terjadi bahu-membahu, tolong menolong antara rakyat dan pemimpinya. Dan dari sinilah akan tercipta persaudaraan yang hakiki.

 

Tag:

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: