Tentang Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC)

logo-lkc

LKC (LAYANAN KESEHATAN CUMA – CUMA) merupakan jejaring Dompet Dhuafa Republika lahir berawal dari sebuah keprihatinan dan kepedulian bersama. Ketika menyaksikan kondisi dhuafa yang terseok di dera sakit., sementara fasilitas kesehatan begitu jauh dari jangkauan kantong mereka. Hingga terwujudnya cita – cita untuk membentuk lembaga kesehatan gratis bagi kaum dhuafa. Sejak didirikan  pada tanggal 6 November 2001 yang diresmikan oleh Wakil Presiden Bapak DR. Hamzah Haz. LKC (Layanan Kesehatan Cuma – Cuma) yang merupakan lembaga nirlaba pertama khusus berkhidmat memberikan pelayanan kesehatan Cuma – Cuma kepada masyarakat miskin terus mengalami peningkatan, baik dari segi jumlah pelayanan yang diberikan ataupun dukungan pastispiasi masyarakat yang terlibat dari lembaga swasta, instansi pemerintah hingga individu yang mendermakan secara finansial (Zakat, Infaq atau sedekah) atau sebagai tenaga relawan medis atau paramedis.

 

Berawal dari 3.000 keluarga dhuafa yang terjaring sebagai peserta LKC. Di tahun kedua jumlah ini berlipat mencapai 6.000 lebih keluarga dhuafa, dan menginjak tahun kelima sampai dengan agustus 2006 tercatat 9.586 keluarga dhuafa hingga saat ini sudah mencapai 11.000 lebih kepala keluarga dhuafa atau setara dengan 54.745 jiwa yang sudah terlayani. Sebuah isyarat betapa masyarakat dhuafa merasakan manfaat dari kehadiran institusi yang terbilang muda ini.

 

Mengapa LKC.

 

Dengan berbagai program kesehatan yang ditawarkan baik kuratif, preventiv ataupun promotif. LKC merupakan alternatif solusi atas permasalahan kaum miskin. Dasar pemikirannya adalah memecahkan masalah tanpa menimbulkan masalah baru. LKC telah berevolusi menjadi sebuah model yang melibatkan partisipasi aktif seluruh masyarakat. Gambarannya, kaum miskin dapat berobat gratis sementara pembiayaan kesehatannya didanai oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari individu sampai perusahaan. Selain dana, Keberadaan LKC sebagai mitra masyarakat tidak mampu di seluruh pelosok daerah Indonesia, dapat menjadi pilihan pelaksana kegiatan Corporate Social Responsibility.

 

Bidang garapan yang jelas dan fokus, jumlah cakupan masyarakat tidak mampu yang besar dan luas, dan program-program unggulan yang strategis, efektif, efisien dan terukur, serta pengelolaan lembaga yang akuntabel dan profesional merupakan faktor pendukung LKC. Selain itu, afiliasi LKC pada Yayasan Dompet Dhuafa yang telah berkiprah selama 14 tahun di kancah lembaga nirlaba di Indonesia menjadi kekuatan tersendiri yang unik. Dan puluhan perusahaan lokal maupun multinasional besar yang telah menaruh kepercayaan pada LKC untuk bekerja sama menjadi sebuah bukti nyata.

 

Sistem Kepesertaan

 

LKC didukung sepenuhnya oleh donasi masyarakat. Dengan demikian LKC adalah milik masyarakat dan merupakan amanah bagi para pengelolanya. Untuk itu, LKC menerapkan sistem kepesertaan berbaiskan keluarga bagi kaum dhuafa (fakir & miskin) yang membutuhkan bantuan kesehatan.

 

Sistem kepesertaan LKC berlaku untuk 1 keluarga. Setiap keluarga dapat mendaftarkan diri secara langsung atau direkomendasikan oleh RT/RW/Lurah untuk jadi peserta. Persyaratan yang diperlukan adalah fotokopi KTP, Fotokopi Kartu Keluarga, dan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW/Lurah. Selanjutnya, keluarga dhuafa yang sudah mendaftar akan disurvei  kelayakannya di rumah masing-masing oleh tim survei LKC. Kriteria kelayakan peserta meliputi aspek kemiskinan, kesehatan dan keimanan. Apabila disetujui maka mereka akan mendapat kartu peserta dan dapat berobat secara cuma-cuma. 

 

Kartu peserta LKC berjangka waktu 1 tahun.  Jika masa berlakunya habis, peserta dapat mengajukan perpanjangan dan LKC akan melakukan survey ulang kelayakan.  Dari hasil survey ulang akan diputuskan perpanjangan masa berlaku kepesertaan untuk 1 tahun ke depan.

Kantor LKC

Jl. ir H Juanda No.34

Ciputat Megamall D-01

Ciputat Tangerang 15412

Telp. 021-7416262

Fax. 021 – 7416171

Rekening Donasi

BCA No.Rek: 6760302340 an yayasan Dompet Dhuafa

Bank Mandiri No.Rek: 1280004734569

BSM No.Rek: 0040040666

BNI Syariah No.Rek: 102999992

 Informasi Berdonasi :

Hubungi No Telepon : 021 7416262 ext: 216 atau 021 70303765

Tag:,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: