*Menjadi entrepreneurship #2

 

Masih dalam pelatihan wirausaha, ada beberapa kendala  yang menjadi alasan ketika  ingin memulai usaha. Menurut Mba Nik,”Setidaknya ada delapan kendala yang membuat kita ragu untuk memulai sebuah usaha”. Berikut delapan alasan yang menjadi kendala, beserta tips untuk menyelesaikannya

1.      Tidak punya modal.

 

Solusinya adalah Gunakan modal non uang anda misalnya jika kita memiliki asset yang berharga sementara tidak produktif, maka asset tersebut dapat kita jual atau di gadaikan menjadi uang sehingga uang tersebut dapat sebagai modal awal kita dalam memulai sebuah usaha. Contoh asset yang tidak produktif seperti simpanan emas, kendaraan bermotor, televisi, atau segala bentuk perabot rumah yang fungsinya hanya sebagai assesoris namun masih memiliki nilai harga. Atau dapat juga menggunakan modal orang lain. Dalam menggunakan modal orang lain ada beberapa yang harus dibangun dan diperhatikan yaitu, jadilah orang yang jujur (dipercaya), dapat diandalkan, kompeten dibidang usaha yang akan dijalani, dan mau berkorban untuk orang lain.

 

2.      Tidak punya bakat.   

 

Bisnis tidak memerlukan bakat, yakinlah bahwa sukses adalah takdir semua orang. Kemauan membaja dapat mengatasi segala rintangan dan segala  hal dapat kita pejari. Betapa banyak pengusaha-pengusaha sukses yang mengawalinya dari nol atau tanpa bakat atau pegetahuan. Sehingga saat menjalani usahanya pengalaman menjadi guru yang sangat berharga.

 

3.      Tidak punya relasi.

 

Selamat anda sudah menemukan relasi bisnis anda. Tengoklah kesebalah kiri dan kanan anda, lihat kedepan dan belakang anda. Dirumah, dikendaran umum atau dimana saja anda bertemu orang yang ada disekitar anda merupakan calon-calon mitra atau pelanggan usaha anda. Bisa tetangga kita, teman sekolah atau sanak sanak family kita sendiri. Mereka adalah pelanggan potensial yang akan menjadi sasaran pengguna usaha kita.

 

4.      Tidak punya mentor atau pembimbing usaha.

 

Sebenarnya banyak dari pengusaha-pengusaha yang sudah sukses dapat menjadi mentor bagi ushawan pemula. Karena mereka menyadari banyak orang yang menjadi sukses karena bimbingan mereka merupakan investasi yang sangat besar dan pasti akan mendukung bisnis mereka.  

 

5.      Tidak berani ambil resiko.

 

Bertemanlah dengan orang-orang ”Gila”, berpikirlah seperti mereka, bertindaklah seperti mereka, baca buku-buku yang mereka baca, nongkrong bersama mereka, ikuti kegilaan mereka. Karena ide-ide ”Gila” kadang datang membawa sesuatu yang baru (Think out of the box).

  

6.      Bingung mau bisnis apa.

 

Segala hal dapat menjadi peluang bisnis. Koncinya adalah lihatlah masalah yang ada di sekitar masyarakat, masalah itu adalah peluang bisnis.

 

7.      Tidak mau keluar kerja.

 

ANDA PUNYA  4 PILIHAN Yaitu, pertama, Bekerja sampai pensiun dan hidup dengan standar yang tidak lebih tinggi dari sekarang. kedua. Eh, tiba-tiba anda di-PHK, kehilangan pendapatan, cari kerja lagi.  Anda kembali punya 4 pilihan seperti semula. ketiga, Berbisnis sambil Tetap Bekerja. keempat, Keluar kerja dan mulai berbisnis.

 

8.      Tidak punya skill bisnis.

 

Skill bisnis di dapat dengan praktek. Yang penting koncinya adalah pertama, Mulailah praktek bisnis. Kedua, Coba menjadi asongan. Ketiga, Buka bisnis dengan modal kecil.

 

Inilah delapan alasan yang dapat menjadi hambatan atau kendala ketika ingin memulai usaha. Semoga dengan solusi dan tips diatas dapat memberikan dorongan dan kemauan kita untuk menjadi wirausaha (entrepreuneur).

”Selamat mencoba, semoga sukses menjadi milik anda, saya, dan kita semua”.

 

*Di kutip dari materi Training Entrepreneurship

Tag:, ,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

One response to “*Menjadi entrepreneurship #2”

  1. bisnis anda says :

    thanks ya atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: