Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Sahrul syiam

Ngga terasa kalau ternyata sebentar lagi bulan Ramadhan. Bulan dimana kita berpuasa selama sebulan penuh untuk mengendalikan Nafsu kita. Nafsu makan dan minum disiang hari nafsu amarah dan nafsu sahwat berhubungan suami istri serta nafsu ngumbar omongan apa lagi ghibah.

Emang sih buat sebagian orang yang ngga terbiasa kayaknya berat banget ngejalaninnya. Tapi kalo kita pikirin kewajiban itu Cuma kite lakonin waktu siang hari aja alias setengah hari. Itupun Cuma satu bulan. Trus kalo begitu enak dong abis Ramadhan kita bebas ngumbar nafsu lagi. Eit .. bukan begitu maksudnya. Justru kenapa ada bulan Ramadhan agar kita dapat latihan buat persiapan selama sebelas bulan berikutnya supaya kita terbiasa mengendalikan hawa nafsu. Jangan sampai nafsu kita bebas dan liar yang akhirnya bisa menjerumuskan kita sendiri. Sebab Allah SWT berfirman di dalam Al-Quran :

”Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. ( QS Yusuf : 53)

Nah .. mangkanya kalo mau Ramadhan tahun ini ringan buat kita, ada beberapa persiapan yang mesti kita lakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan, yang Pertama Persiapan Ma’nawiyah (kedua) Kedua Persiapan fikriyah (intelektual) ketiga persiapan jasadiyah (fisik)  keempat persiapan maliyah (finansial).

Pertama Persiapan Ma’nawiyah maksudnya menyiapkan jiwa dan mental  kita dalam menyambut Ramadhan, yaitu menghadirkan rasa rindu dan gembira dengan kehadiran bulan suci Ramadhan. Tidak merasa terkekang dan terbelenggu dari kebebasan cukup hanya syaitanlah yang merasa terbelenggu dari kedatangan bulan Ramadhan, lantaran tidak dapat menggoda manusia dengan leluasa.

Kedua persiapan fikriyah maksudnya dengan memperdalam pemahaman kita tentang fiqhus syiam (fiqih puasa) dan segala hal yang berkaitan yang berkaitan dengan Ramadhan. Misalkan tentang rukun puasa, yang membatalkan puasa, membatalkan pahala puasa, yang dimakruhkan dalam puasa, dan keutamaan –keutamaan lain yang terkandung di bulan Ramadhan.

Ketiga persiapan Jasadiyah (fisik) juga persiapan yang tidak kalah pentingnya karena dengan fisik yang sehat kita akan tetap mampu menjalankan aktifitas keseharian kita bekerja dikantor ataupun dirumah  walaupun dalam keadaan berpuasa. Jika perlu tetap berolah raga agar tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

Keempat persiapan maliyah (finansial) maksudnya dengan persiapan finansial kita akan lebih terkonsentrasi untuk menjalankan ibadah-ibadah selama di bulan Ramadhan dengan memperbanyak sedekah dan menyantuni anak yatim tanpa terbebani lagi untuk membeli persiapan makanan dan pakaian,  khususnya ibadah itikaf di sepuluh hari terakhir agar kita mendapatkan keutamaan malam lailatur Qodr.

……….ooo………

”Ya Allah SWT jadikanlah kami sempurna dengan keimanan kami. Melaksanakan kewajiban – kwajiban kami. Memelihara Sholat kami. Senantiasa meminta apa – apa yang Engkau miliki. Berharap terhadap ampunan – Mu. Senantiasa berpegang teguh terhadap petunjukmu dan berpaling dari perbuatan sia – sia”.

Di tulis oleh mjundi tgl. 29/08/08 jam. 09.00 wib

Tag:, , ,

About mjundi

aslibetawi rawabelong, hobby berpetualang, baca buku, olahraga, and wirausaha dll dech

2 responses to “Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Sahrul syiam”

  1. Toto Wasito says :

    Ass. wr wb

    Mohon dijelaskan perbedaan antara Syiam dan Shaum di dalam bulan Ramadhan.

    Terima kasih

  2. mjundi says :

    Wa’alaikum Salam Wr,Wb
    Salam Kenal mas toto

    setahu saya kata syiam atau shoum memiliki arti sama yaitu puasa. Cuma berbeda dalam penempatannya didalam menyusun kalimat. kalo kata syiam diawali dengan kata yang memiliki makna banyak (jama’) sedangkan kata shoum diawali dengan kata yang memilki makna tunggal (mufrod).

    begitu mas
    Thanks yah
    mj

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: